Ali Harsojo

Saya adalah pribadi yang sangat sederhana dilahirkan di kota kecil Sumenep, Madura. Suka berkolaborasi dan bersinergi. Selalu ingin mencari tahu setiap ilmu yan...

Selengkapnya
Sulit Menyusun Latar Belakang pada PTK? Klik Caranya!

Sulit Menyusun Latar Belakang pada PTK? Klik Caranya!

Bagi sebagian guru, apalagi masih belajar melakukan penelitian tindakan kelas (seperti saya) menuliskan latar belakang pada pendahuluan saja, pikiran menjadi buntu. Maka, sedikit tambahan pengetahuan cara menyusun tulisan pada latar belakang dengan lebih mudah. Antara lain, harus memuat;

(1) Kondisi ideal adalah kondisi yang diharapkan terjadi di dalam kelas/pembelajaran yang diharapkan oleh guru/peneliti; contoh; situasi belajar yang nyaman, kondusif, aktif, hasil belajar yang baik, alat peraga yang lengkap, penerapan metode yg relevan, dan sebagainya.

(2) Kondisi Riil adalah Kenyataan yang saat ini sedang terjadi yang dihadapi guru/peneliti; misalnya; keadaan yang berbanding terbalik dengan kondisi ideal.

(3) Gap atau Kesenjangan antara kondisi ideal dengan kenyataan yang dihadapi beserta penyebab munculnya kesenjangan tersebut. Penyebab munculnya masalah ini disebut juga dengan akar masalah; atau akar persoalan.

(4) Mengapa terjadi persoalan, penyebabnya apa saja dan pentingnya penyelesaian masalah, atau dengan kata lain dampak-dampak negatif jika permasalahan di kelas/pembelajaran guru tersebut tidak diselesaikan; dan

(5) Solusi Alternatif/pemecahan masalah berupa tindakan yang diperkirakan dapat menyelesaikan masalah. Tawaran solusi diharapkan dpt menyelesaikan masalah atau memperbaiki hambatan yang terjadi.

Jika, kelima hal tersebut seharusnya termuat dalam latar belakang masalah sebuah penelitian tindakan kelas. Bagaimana dengan rumusan tulisan latar belakang yang sering kita susun?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

search